Berwisata di Jakarta di Jakarta tidak selalu pergi ke tempat rekreasi saja, namun Anda juga bisa mengunjungi museum sebagai tanda bahwa Anda peduli dengan sejarah. Dari sekian banyaknya museum di Jakarta mungkin hanya pernah mengunjungi satu atau dua museum saja. Tahukah Anda bahwa ada 5 museum di Jakarta yang mungkin Anda lupakan? Simak berikut ini.

Coba sebutkan nama museum di Jakarta yang Anda ingat? Museum Nasional, Museum Taman Prasasti, Museum Wayang, Museum Mandiri, atau Museum Kebangkitan Nasional? Nah, terbukti bahwa Anda melupakan atau bahkan tidak mengetahui 5 museum di bawah ini. Museum  apa saja?

1. Museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan

5 Museum Di Jakarta Yang Luput Dari Ingatan-jakartapunyacerita-museum basoeki abdullah
Basoeki Abdullah adalah seorang maestro pelukis Indonesia yang wafat pada tahun 1993 silam. Di museum inilah tersimpan beberapa karyanya yang telah mendunia.

Museum Basoeki Abdullah berada di Jl. Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Museum ini merupakan sebuah rumah yang dulunya ditempati oleh Basoeki Abdullah. Memiliki dua lantai yang penuh dengan lukisan-lukisan indah karyanya.

2. Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat

5 Museum Di Jakarta Yang Luput Dari Ingatan-jakartapunyacerita-museum sumpah pemuda
Museum Sumpah Pemuda berada di Jl. Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda dapat membakar semangat juang Anda sebagai warga Indonesia. Sejarah para pejuang pada masa perang ditampilkan dalam bentuk diorama. Tak terkecuali peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2013.

Di dalam Museum Sumpah Pemuda terdapat sebuah ruangan khusus untuk mengenang Wage Rudolf Soepratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya.

3. Museum Art Mon Decor, Jakarta Utara

5 Museum Di Jakarta Yang Luput Dari Ingatan-jakartapunyacerita-museum art mon decor
Museum Art Mon Decor juga merupakan museum yang menampilkan berbagai seni rupa. Hanya saja, berbagai lukisan karya dari beberapa maestro pelukis terkenal seperti Affandi, Sunaryo, dan Srihadi Soedarsono, ditampilkan di museum ini.

Tidak hanya lukisan, Museum Art Mon Decor juga memamerkan berbagai patung-patung karya pematung Indonesia. Segala hal yang berupa seni dipamerkan dengan gratis.

4. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri), Jakarta Selatan

5 Museum Di Jakarta Yang Luput Dari Ingatan-jakartapunyacerita-museum polri
Jangan takut, Anda tidak akan ditangkap karena berkunjung ke Museum Polri. Museum ini berada di Jl. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda akan menemukan berbagai ruang seperti Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Kepahlawanan, Hall of Fame, hingga Kids Corner. Jika anak Anda bercita-cita untuk menjadi polisi, maka kunjungi Museum Polri.

5. Museum Katedral, Jakarta Pusat

5 Museum Di Jakarta Yang Luput Dari Ingatan-jakartapunyacerita-museum katedral
Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di dalam Gereja Katedral yang berlokasi di Jl. Katedral No. 7B, Pasar Baru, Jakarta Pusat, terdapat sebuah museum bernama Museum Katedral.

Di dalam Museum Katedral tersimpan berbagai benda bersejarah milik gereja yang umurnya sudah lebih dari dua abad. Seperti buku Baptis tahun 1811, Patung Bunda Maria yang berumur 80 tahun lebih, dan juga tongkat pemberian Paus Paulus VI pada tahun 1970.

Saya yakin Anda melupakan 5 museum yang ada diatas. Berniat untuk berkunjung ke lima museum tadi? Silakan komentar.

Baca juga:

Daftar Alamat Perpustakaan Di Jakarta

Wisata Ke Pasar Unik Di Jakarta

5 Lokasi Wisata Untuk Keluarga Di Jakarta

Mau Makan Enak Dan Murah Di Jakarta? Simak Disini

Lokasi Nongkrong Santai Di Jakarta

This post has already been read 1825 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter