Patung Selamat Datang dan Tugu Pancoran adalah patung yang banyak dikenal masyarakat. Tahukah kamu, terdapat 5 patung bersejarah di kawasan Monumen Nasional yang kerap tak dikenal oleh masyarakat?

Biasanya, ketika pendatang baru datang ke Jakarta mereka akan takjub melihat patung-patung besar yang sarat akan nilai sejarahnya. Sebagian besar dari mereka dikenalkan dengan patung-patung yang hanya ada di badan jalan raya Jakarta; itu pun tak semua orang mengetahui nama dari patung-patung tersebut.

Agar pendatang baru Jakarta dapat lebih memaknai sejarah yang terjadi di kota ini, maka ada baiknya kamu mengenal 5 patung bersejarah di kawasan Monumen Nasional yang kerap tak dikenal oleh banyak orang.

1. Patung Pangeran Diponegoro

5 patung monas-jakarta punya cerita
Pangeran Diponegoro adalah pemimpin dalam Perang Jawa melawan pemerintah Hindia-Belanda yang terjadi pada 1825-1830.

Letak patung ini tepat berseberangan dan menghadap Istana Kepresidenan.

2. Patung Chairil Anwar

5 patung monas-1-jakarta punya cerita
Seorang penyair maestro dari Indonesia, dialah Chairil Anwar. Sajak-sajaknya kian memotivasi para pejuang Indonesia yang pada saat itu sedang berperang.

Tidak hanya karyanya yang abadi, wajahnya pun diabadikan melalui patung yang berada dekat dengan patung Pangeran Diponegoro.

3. Patung Mohammad Husni Thamrin

5 patung monas-3-jakarta punya cerita
Jika kamu melewati jalan MH Thamrin dan sama sekali tak mengetahui sejarah dari nama jalan tersebut, maka datanglah ke Monas, dan lihatlah wajah Mohammad Husni Thamrin, sang politisi di era Hindia-Belanda.

MH Thamrin adalah salah satu Tokoh Betawi yang pertama kali berhasil menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) di Hindia-Belanda mewakili kelompok pribumi.

Patungnya berada di sisi barat Monas, menghadap Jl Medan Merdeka Barat.

4. Patung Raden Ajeng Kartini

5 patung monas-2-jakarta punya cerita
Tokoh emansipasi wanita dan putri Indonesia ini diabadikan dalam bentuk patung. Jika tidak ada beliau, mungkin wanita tak akan mampu mandiri dan berjuang untuk hak-nya.

Patungnya berada di sisi timur Monas, menghadap Gambir di Jl Medan Merdeka Timur.

5. Patung Ikada

5 patung monas-4-jakarta punya cerita
Dari keempat patung diatas, mungkin patung inilah yang paling tak dikenali. Patung ini bernama Ikada, nama dari Lapangan Ikada yang merupakan tempat pemuda dan rakyat berkumpul pada rapat besar tanggal 19 September 1945 dimana mereka mendengar pidato dari Bung Karno.

Patung Ikada berada di sisi selatan Monas.

Nah, apakah kamu pernah melihat dan mendengar kelima patung tersebut? Jika belum, sempatkan diri untuk berkunjung ke Monas, dan lihatlah kelima patung bersejarah tersebut, sebelum terlambat.

sumber

This post has already been read 2743 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter