Alat musik asli Jakarta tentu menjadi salah satu alat musik yang wajib diketahui oleh kita sebagai orang Indonesia. Karena, Jakarta merupakan bagian dari Indonesia. Mengingat Jakarta merupakan kota modern dengan segala macam perkembangan musiknya, orang terkadang bingung ketika ditanya alat musik asli Jakarta. Alat musik asli Jakarta merupakan alat musik  Suku Betawi.

Jakarta dan Betawi

Suku Betawi walaupun merupakan suku dengan darah campuran yang telah tinggal di kota Jakarta, namun suku ini adalah suku yang membingkai kota Jakarta. Termasuk dalam alat musik asli Jakarta, orang pasti akan menjawabnya dengan alat musik asli Betawi.

Alat-alat musik tradisonal milik Betawi sendiri sangat banyak jenisnya. Sebut saja gambang, kromong, tehyan, gong, kempul, gendang, dan tanjidor. Adapun alat musik lainnya yang kental dengan Eropa yaitu tuba, klarinet, trompet, trombon, dan drum. Drum sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu bass drum, tenor drum, dan senar drum.

Alat musik tradisonal Betawi yang paling berkembang dan dikenal adalah tanjidor. Mereka para penggiat pemelihara budaya tradisional, melestarikan budaya alat musik tradisional ini dengan mengadakan Orkes. Orkes ini diiringi dengan menggunakan alat-alat musik tradisional. Orkes kesenian yang menggunakan alat musik tradisional ini adalah  Musik Gambus. Musik Gambus merupakan kesenian yang berasal dari Timur Tengah.

Musik ini dikenal khususnya di kalangan masyarakat yang beragama muslim termasuk di Betawi. Sehingga masyarakat lebih bisa dengan senang menerimanya. Alat musik dalam orkes kesenian musik gambus ini dimainkan dengan cara dipetik, akordeon, flute, piano, gitar, mandolin, dan dimainkan bersama dengan alat musik modern.

Lalu orkes kesenian selanjutnya adalah Tanjidor. Orkes kesenian populer ini dimainkan dengan  alat musik yang kebanyakan digunakan sebagai alat musik tiup tradisional. Beberapa di antara alat musik ini pasti sudah usang. Dapat dilihat dengan adanya tempelan patri. Alat musik. Alat musik tiup tradisional Betawi tersebut adalah cornet, trombon, klarinet, tenor, bas, dan dikolaborasikan dengan membran yaitu alat musik pukul sejenis gendang. Orkes ini akan mengudara ketika ada acara pernikahan.

This post has already been read 2267 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter