Dasima merupakan seorang perempuan cantik asal Betawi yang dijadikan gundik atau nyai oleh kepercayaan Sir Thomas Rafles yakni Edward William. Cerita cinta ini berawal ketika Samiun yang merupakan pemuda Betawi terpesona dengan kecantikan Dasima dan ingin memilikinya sebagai seorang istri. Namun sayang, cara yang dilakukan oleh Samiun tersebut bertolak belakang dari kepercayaan beragama yakni dengan menjerat Dasima melalui perantara Mak Buyung seorang dukun wanita yang juga ibu Samiun. Akhirnya Mak Buyung pun mengambil sejumput rambut Nyai Dasima secara diam-diam untuk dijadikan racikan agar dirinya mau dinikahi oleh Samiun.

Dalam cerita rakyat Betawi tersebut dikisahkan jika Samiun selain mengincar kecantikan Dasima, juga mengincar harta yang dimilikinya. Akhirnya Dasima pun mau untuk dijadikan istri kedua Samiun sebab pengaruh alam bawah sadarnya tersebut. Awal pernikahan cerita cinta, Dasima yang menjadi isteri kedua tersebut diberi perhatian lebih oleh Samiun layaknya ibunya dan istri pertamanya. Namun selang berganti waktu, dia pun disia-siakan dan tidak dikasihi seperti dulu lagi. Ini dikarenakan harta yang dibawa oleh Dasima kian hari kian habis dan berkurang bahkan ludes.

cerita cinta, cerita nyai dasima, cerita rakyat betawi

Dasima pun hanya dianggap sebagai beban untuk Samiun sebab sudah tidak mampu menghasilkan apa-apa, terlebih dalam merencanakan sesuatu, Dasima hanya dianggap sebagai penghalang saja. Ia pun berfikir jika dia akan menyewa pembunuh bayaran untuk menyingkirkan keberadaan Dasima. Tanpa sepengetahuan Dasima, dirinya diajak nonton suatu pertunjukan teater dan memakai gaun yang indah. Cerita cinta tersebut berakhir mengenaskan dengan terbunuhnya Dasima di tangan pembunuh bayaran yang telah disewa oleh suaminya sendiri.

Cerita cinta tentang asmara dan harta  tersebut sangat terkenal di era 90’an. Bahkan saking populernya legenda Betawi tersebut dijadikan film disalah satu televisi nasional pada waktu itu. Sinetron tersebut cukup populer sehingga dijadikan tontonan wajib bagi sebagian orang. Anda yang tertarik dengan cerita legenda betawi tersebut dan mungkin belum pernah melihat filmnya, bisa membeli novelnya di toko buku. Atau Anda bisa menyewa CD’ nya di rental terdekat anda.

This post has already been read 6087 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter