Pada tahun 1930an, Jakarta memiliki kawasan yang menjadi pusatnya para artis. Banyak seniman besar lahir disini, bahkan kawasan ini disebut sebagai Hollywood-nya Jakarta.

Kawasan ini bernama Prinsen Park, terletak di kawasan Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Kini, Prinsen Park berganti nama menjadi Taman Hiburan Rakyat (THR) Lokasari. Mengapa?

Pada tahun 1913, seorang saudagar asal Tiongkok bernama Tan Hin Nie datang ke Jakarta. Karena banyaknya orang berbakat di jakarta, Tan Hin Nie akhirnya berinisiatif untuk mendirikan Prinsen Park.

prinsen park-3-jakarta punya cerita
Seniman dan artis seperti Leila Sari, Tan Tjeng Bok, Wolly Sutinah alias Mak Wok, Misbach Jusa Biran, Netty Herawati, serta anggota kelompok pelawak Kwartet Jaya lahir disana. Oleh karena banyaknya artis yang lahir di Lokasari, kawasan tersebut pun terkenal dengan sebutan, Tangki Wood.

Sekitar tahun 1930-an, Pinsen Park bagaikan pusat hiburan. Disana terdapat bioskop, teater, produksi film, dan galeri musik. Berdirinya Prinsen Park merupakan awal kebangkitan pusat industri perfilman di Jakarta.

prinsen park-1-jakarta punya cerita
Namun, pada tahun 1960-an, Prinsen Park mulai dilupakan oleh para masyarakat kelas atas, yang membuat kawasan tersebut tak lagi ramai. Namanya memudar, seiring dengan kejayaannya.

Memasuki awal tahun 1980-an, Prinsen Park mulai ditinggalkan oleh para artis dan mereka mencari peruntungan di kawasan lain.

prinsen park-2-jakarta punya cerita
Mengingat sejarah yang ada di kawasan tersebut, Pemda DKI Jakarta memutuskan untuk meremajakannya, lalu mengubah namanya menjadi Taman Hiburan Rakyat

Pada tahun 1990-an, kawasan ini berubah drastis. Semula sebagai kawasan bagi para penikmat seni, menjadi kawasan bagi para penikmat maksiat. THR Lokasari menjadi tempat hiburan malam, gedung diskotik, hotel, dan club malam kian berdiri dan kian menggugurkan nama Prinsen Park, Hollywood-nya Jakarta.

sumber: beritajakarta

This post has already been read 97 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter