Jakarta tak selalu dihiasi oleh bangunan pencakar langit dan jutaan kendaraan. Jika mau menelusuri kota Jakarta lebih dalam, niscaya akan menemukan lokasi bersejarah yang sebelumnya tak pernah terdengar.

Seperti, 5 patung pahlawan yang tidak banyak diketahui penduduk Jakarta. Atau, Holywood yang tersembunyi di dalam Jakarta. Dan, kali ini kita akan berbicara tentang lokasi bersejarah yang tersembunyi di Kota Tua. Simak di bawah ini.

Jika mendengar nama Kota Tua, apa terlintas di pikiranmu? Museum Fatahillah menjadi jawaban favorit. Namun, jangan lupa bahwa Kota Tua Jakarta tak hanya dipenuhi oleh Museum Fatahillah saja.

Lokasi Bersejarah Tersembunyi

Cobalah untuk berkunjung ke Menara Syahbandar. Di menara ini, kamu dapat menikmati pemandangan Sunda Kelapa dan Teluk Jakarta. Berbicara tentang Sunda Kelapa, pergilah ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan lihat jejeran kapal tua yang berlabuh dengan tenang. Puas melihat kapal tua, maka kunjungi Museum Bahari dan pelajari sejarah kelautan di Jakarta.

kota tua-menara syahbandar-jakarta punya cerita
Masih terkait dengan kelautan, di kawasan Kota Lama terdapat sebuah jembatan yang dapat terangkat jika ada kapal lewat. Jembatan ini bernama Jembatan Kota Intan.

Jika ingin melihat sesuatu yang unik, datanglah ke Toko Merah. Dulunya, Toko Merah ini adalah rumah dari Baron Van Imhoff. Konon, Toko Merah adalah tempat terjadinya pembantaian suatu etnis di Batavia. Oleh sebab itu, bangunan ini disebut sebagai salah satu bangunan terangker di Jakarta.

kota tua-toko merah-jakarta punya cerita
Nah, kalau nanti kamu pergi ke Kota Tua, jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi-lokasi di atas tadi. Lalu rasakan sejarah yang ada di Jakarta tempo dulu.

SUMBER

This post has already been read 1270 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter