Makanan khas setiap daerah di Indonesia memang berbeda-beda. Ada pempek yang berasal dari Palembang, Gudeg dari Yogyakarta, atau Coto Makassar dari Makassar. Begitu pun dengan Jakarta. Walaupun sudah banyak sekali restoran yang menyajikan menu-menu internasional, Jakarta tetap punya makanan khas yang masih populer di kalangan masyarakatnya.

Berikut daftar-daftar makanan khas Jakarta yang populer dan digemari banyak orang.

  • Kerak Telor

kerak telorKerak Telor sangat identik dengan Jakarta. Makanan yang gurih dan legit ini dibuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering, dan bawang merah goreng. Penyajiannya biasanya menggunakan bumbu dari kelapa sangrai, jahe, cabe merah, kencur, merica, gula pasir, dan garam.

 

  • Nasi Uduk Betawi

nasi uduk betawiSiapa yang tak kenal makanan khas ini? Nasi uduk Betawi terkenal dengan rasanya yang gurih dan nikmat, serta punya aroma yang sangat khas dan menggiurkan. Makanan ini sangat mudah ditemui karena sering dijadikan menu sarapannya orang Jakarta. Dengan tambahan telur dadar iris, semur jengkol, ayam goreng, empal, dan sambal kacang, makanan khas yang satu menjadi begitu lezat.

 

  • Soto Betawi

soto betawiSoto memang banyak macamnya. Masing-masing daerah punya ciri tersendiri. Begitu pun dengan soto betawi. Soto betawi menjadi beda dari soto-soto yang lain karena menggunakan santan untuk bumbu sehingga kuahnya tidak bening. Soto yang berisi daging, tomat dan kentang ini enak banget kalau disantap dengan nasi putih hangat dan emping sebagai menu makan siang.

 

  • Gado-Gado

gado-gadoMakanan yang satu ini memang sangat terkenal. Kita bisa menemuinya dengan mudah di banyak tempat kota Jakarta. Sayur segar seperti kubis, kol, dan kacang panjang dicampur dengan tambahan tauge, mentimun, kentang rebus, tempe, dan tahu. Makanan ini jadi semacam salad nikmat dengan bumbu kacang dan bawang goreng.

 

  • Laksa Betawi

laksa betawiLaksa Betawi juga salah satu kuliner berkuah khas Jakarta yang lezat dan gurih. Biasanya laksa betawi ini berisi bihun, telur, suwiran daging ayam, daun kemangi, dan juga bawang goreng. Banyaknya bumbu rempah yang dipakai untuk membuat laksa betawi, membuat cita rasanya sangat nikmat.

This post has already been read 636 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter