Meski merupakan Kota metropolitan, Jakarta masih memiliki jajanan khas yang cukup sehat. Biasanya kuliner khas Jakarta ini bisa kita temukan di Pekan Raya Jakarta ketika kota tersebut sedang merayakan hari jadinya. Kuliner Jakarta ini selalu hadir untuk ikut memeriahkan perayaan yang diselenggarakan setiap setahun sekali tersebut. Adapun makanan sehat khas Jakarta tersebut masih bisa kita jumpai di sekitar kita.

Kue Ape

Makanan sehat yang satu ini baru dilihat saja sudah menggiurkan, warnanya yang hijau dengan rasa dan aroma pandan ini memang mengundang lidah untuk segera menyantapnya. Rasanya sangat lezat sebab bagian luarnya terasa crispy.

makanan sehat, makanan khas jakarta

Kue Mangkok

Kue ini asal mulanya dibuat oleh warga Jakarta keturunan Tiongkok Selatan yang menjadi imigran. Kuliner ini berbentuk seperti cupcake yang merupakan kue basah cukup populer di tanah air. Warna merah muda atau pink dalam makanan sehat ini, berasal dari beras merah sehingga aman dikonsumsi. Bahan dasar pembuatan kue ini menggunakan tepung beras dengan campuran terigu, gula dan tape singkong. Cara pengolahan makanan sehat ini hanya dengan pengukusan.

makanan sehat, makanan khas jakarta

Kerak Telur

Nah, kalau kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena bukan hanya ada di perayaan ulang tahun Jakarta saja kue ini ada, namun juga hampir setiap hari masih bisa temui. Adonan pembuatan makanan sehat ini tentu saja adalah telur, parutan kelapa, ebi, beras ketan yang dibumbui dengan jahe, kencur dan juga cabai merah.

makanan sehat, makanan khas jakarta

Ketan Urab Betawi

Makanan khas masyarakat Betawi ini dibuat dari bahan beras ketan, yang dicampur dengan santan kemudian dikukus. Cara penyajian makanan sehat ini biasanya diberi tambahan parutan kelapa sehingga cocok dinikmati sebagai pengganti menu sarapan.

makanan sehat, makanan khas jakarta

Kue Rangi

Kue ini terbuat dari bahan dasar sagu dan parutan kelapa yang diproses dengan cara di bakar. Makanan yang satu ini biasanya diberikan gula merah cair sebagai saus pelengkapnya. Cukup menggugah selera jika kue rangi yang terbuat dari sagu dan parutan kelapa yang gurih ini dilumuri dengan saus gula merah.

This post has already been read 949 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter