Banjir Jakarta masih juga belum terpecahkan. Jalanan ibukota kian terendam oleh genangan air. Bahkan beberapa perumahan malah tenggelam bagai danau buatan. Jika Anda berencana untuk beli rumah, terutama beli rumah rumah, sebaiknya baca ini dulu.

Hal-hal apa yang harus diperhatikan ketika hendak beli rumah? Tentu saja lokasinya. apakah lokasi rumah tersebut berada di kota besar? Apakah rumah tersebut memiliki fasilitas kesehatan di sekitarnya? Lalu bagaimana dengan keamanannya? Atau, apakah rumah tersebut jauh dari kebisingan jalan raya?

Tetapi, ada satu hal yang harus dipertanyakan jika Anda hendak beli rumah di Jakarta. Yaitu, apakah lokasi rumah tersebut banjir?

Banjir menjadi pertanyaan prioritas. Mengingat banjir Jakarta tak kunjung teratasi. Apalagi banyaknya perumahan baru membuat saluran aliran air berkurang. Nah, karena perumahan baru, tentu saja mereka ingin agar perumahan tersebut cepat laku bukan? Maka tak heran jika banyak developer yang menebar janji palsu terhadap konsumen. Mereka membuat promosi dengan menekankan kalimat “Bebas Banjir”. Karena harganya murah, maka konsumen tertarik dan berlomba-lomba untuk membeli rumah di perumahan tersebut. Lantas, ketika hujan turun, apa yang terjadi? Banjir menenggelamkan rumah.

Cerita di atas adalah hal yang harus dipahami oleh para calon pembeli rumah. Karena, faktanya masih banyak calon pembeli yang tertipu oleh developer penebar janji palsu.

Contoh saja, seperti terjadi pada warga Perum Harapan Indah baru-baru ini. Mereka berkumpul untuk mendemo developer. Mereka menuntut janji developer yang katanya bebas banjir. Apakah warga Perum Harapan Indah dapat menang dalam tuntutan tersebut? Tentu saja tidak. Mengapa? Sebab banjir yang terjadi dalam perumahan terjadi akibat peristiwa alam. Maka, developer dapat dengan mudah membebaskan diri dari tanggungjawab yang diminta oleh para warga.

Fakta diatas juga harus dipahami oleh para calon pembeli.

perumahan kelapa gading banjir
Lantas, apa yang terjadi terhadap perumahan yang terkena banjir? Tentu saja harganya menurun drastis.

Oleh sebab itu, jika Anda hendak beli rumah dan mendapatkan perumahan yang menawarkan harga rumah, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Bisa jadi perumahan tersebut sering terkena banjir. Dan, pada delevoper sengaja menawarkan dengan harga murah agar perumahan mereka bisa laku.

Tetapi, ada juga perumahan yang tak terkena dampak penurunan harga karena banjir. Seperti perumahan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Walaupun daerah Kelapa Gading kerap kebanjiran, namun minat pembeli tak kunjung surut. Mengapa? Sebab daerah tersebut memiliki keunggulan di sektor infrastruktur. Selain Kelapa Gading, perumahan di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat, juga tak mengalami penurunan harga. Malah, harga rumah di kedua perumahan tersebut tetap naik.

Jadi, jika Anda hendak beli rumah, maka sebaiknya pahami hal-hal yang sudah dijelaskan di atas tadi. Semoga bermanfaat.

This post has already been read 796 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter