Setiap daerah atau suku di Indonesia pasti memiliki tradisinya masing-masing dan semuanya unik. kalau tradisi yang dilakukan masyarakat Betawi pada bulan Ramadhan yaitu Nganter Nasi atau Nyorog. Tradisi budaya Betawi ini masih terjaga sampai sekarang dan kudu dilakuin masyarakat Betawi setiap bulan Ramadhan.

Seperti apa tradisi Nganter Nasi (Nyorog)?

Mengenal Tradisi Ramadhan Masyarakat Betawi

Nganter Nasi dalam bahasa Indonesia ya mengantarkan nasi yaitu memberikan hantaran bingkisan makanan kepada orang terdekat atau keluarga di wilayah tersebut. Biasanya sajian menu makanan dalam tradisi budaya Betawi ini antara lain daging, nasi, dan dodol Betawi yang disusun didalam rantang. Seperti yang kita tahu rantang identik banget dengan budaya Betawi karena inilah tempat makanan yang sangat praktis dari dulu sampai sekarang.

Esensi Nganter Nasi (Nyorog)

Tradisi budaya Betawi Nganter Nasi atau Nyorog ini memiliki makna sebagai pengikat tali silaturahmi kepada tetangga atau keluarga. Seluruh masyarakat Betawi bisa bersilaturahmi sambil bermaafan dibulan yang baik dan penuh berkah ini.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya buat Anda-anda yang selalu baca tulisan saya ini.

This post has already been read 829 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter