Banjir Jakarta masih terlihat di pelupuk mata. Hujan dalam kondisi sedang dan lebat mengguyur Jakarta sejak pagi hingga malam. Bagi pekerja kantoran, Musim hujan adalah bencana. mengapa? Sebab kesehatan dan konsentrasi menjadi taruhan.

Bayangkan, jika Anda harus selalu kehujanan ketika berangkat bekerja di pagi hari. Lalu sesampainya di kantor, Anda harus menjaga konsentrasi di depan layar komputer. Bahkan, pulang kerja di malam hari pun Anda tetap kehujanan. Jika Anda pekerja profesional, pastilah kesehatan menjadi sesuatu yang berharga dan harus Anda jaga. Walaupun, sebenarnya keadaan tersebut dapat membuat Anda cepat merasa lelah, hingga Anda sulit untuk menjaga konsentrasi di kantor.

Lantas, mengapa musim hujan membuat kita lelah? Begini penjelasannya.

Ketika hujan, langit pun terlihat mendung dan kelabu. Bahkan, langit pagi dan siang terlihat seperti malam. Para peneliti percaya bahwa keadaan mendung tersebut memengaruhi respon biologis manusia untuk memejamkan mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba, dan sudah waktunya untuk tertidur.

Kemudian, suara ritme rintik hujan yang konstan menciptakan suasana yang menenangkan. Hal ini memicu respon tubuh untuk mengantuk.

Selain itu, pengaruh sinar matahari terhadap tubuh manusia sangat besar. Sebab, sinar matahari memicu adrenalin seseorang dan mendorongnya agar melakukan aktifitas. Sedangkan hujan cenderung kebalikannya. Karena hujan membuat seseorang enggan untuk melakukan aktifitas, maka rasa lelah muncul dengan sendirinya.

Oleh karena itu, berikut tips cara menjaga kesehatan di kala musim hujan.

1. Minum Air Putih

Tubuh mmbutuhkan cairan untuk melakukan segala aktivitas. Musim hujan membuat kulit lembab. Sehingga keringat lebih sulit keluar. Dengan minum air putih, maka tubuh akan mengeluarkan bakteri dan penyakit melalui urine.

Banjir Jakarta yang masih parah mungkin bisa menyebabkan sebagian orang kesusahan mencari air bersih, tapi walau bagaimanapun minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

2. Olahraga

Jangan terlena dengan udara dingin yang membuat malas. Sebab malas membuat tubuh cepat lelah. Maka dari itu, jagalah konsentrasi dan kesehatan tubuh dengan tetap berolahraga. Anda dapat berolahraga ringan di pagi hari setelah bangun tidur. Seperti, sit up, push up, back up, dan olahraga ringan lainnya. Jika Anda sudah terbiasa dengan lari pagi, maka Anda bisa lari di tempat selama 15 menit.

3. Mandi Setelah Kehujanan

Air hujan bukanlah air bersih. Jika Anda kehujanan, maka biasakan diri untuk langsung pergi mandi. Hal ini bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi kuman.

4. Asupan Suplemen

Tips terakhir ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan konsentrasi di saat bekerja. Lebih baik mencegah daripada mengobati. mengonsumsi suplemen kesehatan alami seperti saripati ayam secara rutin dapat menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh pada masa-masa cuaca yang buruk dan juga beguna untuk meningkatkan konsentrasi

Jadi, jangan biarkan pekerja profesional seperti Anda merasa cepat lelah dan kehilangan konsentrasi di kantor. Walaupun musim hujan, namun Anda harus tetap sehat dan tetap konsentrasi.

This post has already been read 1717 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter