Besar Pasak Dari Pada Tiang

Tinggal di ibu kota memang bukan selamanya jadi jaminan hidup enak atau pasti mendapatkan wanita single Jakarta. Besarnya biaya pengeluaran juga lebih besar dibandingan dengan biaya hidup di kota lain. Khususnya keadaan ini nbanyak dirasakan oleh kalangan wanita single di Jakarta. Wanita single di Jakarta biasanya mereka yang sedang sibuk mengejar karirnya. Mereka rela pindah dari kota asal ke Jakarta sebagai jalan mengejar pekerjaan yang lebih baik. Namun, selagi menjalaninya mereka akan sadar besarnya pengeluaran tidak sebanding dengan besarnya gaji yang diterima.

Lalu bagaimana seharusnya wanita single di Jakarta ini menyiasatinya?

List Belanja

Dalam sebuah artikel yang berjudul “The High Price of Beig Single in America” mengatakan, wanita single di Amerika seumur hidupnya menghabiskan uang 1 juta dollar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Penulisnya, Lisa Arnold dan Christina Campbell mengeluarkan pendapat tentang keadaan ini, wanita single biasanya tidak dapat mengandalkan pemasukan dari pasangannya, untuk itu mereka butuh biaya lebih untuk memnuhi keperluannya sendiri misalnya untuk kesehatan dan biaya sewa rumah. Hal ini tidak jauh berbeda dengan permasalahan wanita single di Jakarta.

Kepintaran dan kecermatan seseorang dalam mengatur keuangan khususnya pengeluaran adalah kunci utama mengatasi masalah seperti ini. Tidak jarang wanita single banyak yang bisa membeli rumah atau kendaraan sendiri jika dia bisa berhemat dengan mengesampingkan dulu pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Sepeti mengurangi kebiasaan belanja berlebih setelah gajian dan mengurangi acara jalan-jalan yang berujung dengan memebeli barang yang tidak dibutuhkan.

Maka wanita single di Jakarta ada baiknya jika setelah gajian dan berniat belanja, menulis dulu list belanjaan yang dibutuhkan. Mengerem hobi belanja baju, sepatu dan tas jika di lemari masih banyak barang baru bahkan barang yang dibeli tapi belum dipakai sama sekali. Dan memilih uang yang biasanya dipakai hobi ini untuk ditabung.

Pengaturan pengeluaran seperti ini bahkan tidak hanya berguna ketika kita masih berstatus wanita single di Jakarta tapi juga keytika nanti berkeluarga. Saat mempunyai pasangan ditambah anak, maka pengeluaran kita akan lebih besar. Walaupun ada dua penghasilan dalam satu rumah jika kita tidak pandai mengaturnya dan lebih memilih membeli barang-barang yang diinginkan tanpa berpikir ulang, maka otomatis uang itu akan cepat habis dan barang yang kita beli biasanya hanya jadi penghias lemari saja tanpa terpakai sekalipun.

This post has already been read 911 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter