Pada 19 Juni 2013 lalu, PT Jakarta Monorail mengadakan sayembara untuk pemberian nama Monorail, dan pada 14 Juli 2013 kemarin, tercetuslah sebuah nama untuk Monorail, yaiyu Jakarta Eco Transport atau disingkat JET.

Adalah Fahrur Rozi yang berhasil memnangkan sayembara tersebut. Ia mendapatkan hadiah berupa iPad Mini dan juga tiket “emas” monorail atau tiket gratis menggunakan fasilitas Monorail seumur hidup.

Jacarta Eco Transport Monorail, apa kira-kira maksudnya? Fahrur Rozi pun menjelaskan, “Macet di Jakarta itu parah banget sehingga menyebabkan polusi. Saya berharap Jakarta Moonorail mampu menanggulangi polusi, makanya namanya Eco,”

Fahrur juga menambahkan bahwa dirinya mendapatkan inspirasi dari kondisi macet dan polusi di Jakarta. Sebab, hampir setiap hari dia mengendarai motor dari Bekasi ke Jakarta dan selalu terjebak di kemacetan.

Lalu Direktur Pengembangan Usaha Ortus Holding Limited, Banyu Biru, mengatakan, “Ini langkah revolusioner, terobosan transportasi yang harus didukung. Sebuah simbol baru, simbol adalah harapan. Sebuah acuan bagi sebuah komunitas atau peradaban, dalam hal ini komunitas Ibukota Jakarta,”

Lalu Kapan Monorel Dibangun?

Direktur PT Jakarta Monorel, Bonvanantoo, menjelaskan bahwa saat ini proyek pembangunan monorel masih dalam tahap pra konstruksi dengan melakukan survei lapangan yang melibatkan 200 surveyor dari berbagai negara seperti, Jepang, Thailand, dan China.

foto: thejakartaglobe

foto: thejakartaglobe

Mengapa menggunakan surveyor dari luar negeri? ” Di Indonesia belum ada yang bisa membangun monorail. Jadi, kita tidak mau ambil risiko, kita tunjuk yang telah berpengalaman,” kata Bonvanantoo.

Bonvanantoo pun menambahkan, “Setelah survei selesai, diperkirakan Oktober bisa dimulai pengerjaan konstruksi fisik,” Dan dimulai dari Kuningan untuk green line.

Usulan Nama Lain

Sementara itu, selain Fahrur Rozi yang menjadi pemenang, tersebut pula nama-nama yang berhasil menduduki juara kedua dan juara ketiga.

Juara kedua diraih oleh Irfan Aditya dengan usulan nama, Nusantara Trans Rapid (NTR). Ia mendapatkan tiket “perak” yang dapat digunakan untuk menaiki monorail gratis selama satu tahun, dan juga sebuah iPod Touch.

Sedangkan juara ketiga diraih oleh Ronald Raymond dengan usulan nama, Jakarta Fast Line (JFL). Ia mendapatkan tiket “perunggu” yang dapat digunakan untuk menaiki monorail gratsi selama 6 bulan, dan sebuah iPod Nano.

Mereka bertiga berhasil menyingkirkan 13.000 judul nama yang telah masuk ke panitia. Selamat!

sumber: beritajakarta, politikindonesia

This post has already been read 922 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter