Hari ini tepat tanggal 21 April yang merupakan momen istimewa untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Perjuangan beliau berdampak sangat luar biasa bagi pergerakkan wanita saat ini.

Namun tahukah Anda arti Hari Kartini yang sesungguhnya? Perayaan Kartini bisanya diperingati oleh beberapa sekolah dengan melakukan karnaval menggunakan pakaian tradisional asli Indonesia. Entah apa relasinya perjuangan R.A Kartini dengan baju adat.

Tapi Raden Ajeng Kartini merupakan sosok wanita hebat yang berfikiran maju untuk meningkatkan stasus sosial wanita yang saat itu sangat rendah. Terlahir dari keluarga seorang bangsawan, ia tumbuh menjadi anak cerdas dan memiliki pendidikan yang baik. Karitini pun merasa sangat kagum dengan peran wanita di Negara Eropa yang memiliki kebebasan untuk belajar.

Sedangkan perempuan di tanah jawa terkekang ketat oleh tradisi adat istiadat yang diharuskan menikah lewat sebuah perjodohan, tidak ada kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan jauh dari peradaban yang maju.

Melalui tangan 21 April ini lah kita memperingati untuk mengenang sosok wanita agung R.A Kartini sebagai penghormatan atas segala pengorbanan yang telah ia lakukan demi memperjuangankan kebebasan wanita. Ia adalah pahlawan yang tetap radikal demi menjunjung sebuah kebenaran yang dipercayainya.

Momen Hari Kartini ini setidaknya bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai sebuah pacuan semangat untuk membangunkan bangsa dan Negara menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:

Steak Murah Dan Enak Di Jakarta

Tempat Menikmati Kopi Yang Paling Enak Di Jakarta

 

This post has already been read 917 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter