Bulan Ramadhan telah berjalan, dan sebagian pekerja sudah menanti-nanti adanya rezeki tambahan yang diberikan oleh perusahaan berbentuk uang Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, kapan THR seharusnya diberikan?

Pertanyaan tersebut masih bersarang di benak beberapa karyawan. Oleh karena itu, ada baiknya simak penjelasan di bawah ini.

Tunjangan Hari Raya (THR) wajib dibayarkan kepada karyawan satu minggu sebelum hari raya atau H-7. Karena sifatnya yang wajib, Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Priyono, akan melakukan pengawasan ketat mebgenai pembayaran THR. Pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tersebut.

Mengenai kewajiban ini, Priyono mengaku telah mengirimkan surat edaran terlebih dahulu kepada suku dinas untuk diteruskan ke perusahaan-perusahaan di masing-masing wilayah. Lalu, surat edaran dari Kementrian Nakertrans nomor SE.03/MEN/VII/2013 akan disebar ke perusahaan agar peraturan tersebut tidak dilalaikan.

Lebaran tahun diperkirakan akan jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013, jadi pembayaran THR harus diberikan pada 1 Agustus 2013.

Penghitungan Besar THR

Mungkin masih banyak yang belum memahami bagaimana penghitungan besar THR yang sebenarnya. Begini, ketentuan besar THR didasarkan pada peraturan, yaitu pekerja dengan masa kerja 12 bulan akan mendapat THR satu bulan. Kemudian pekerja yang bermasa kerja lebih dari tiga bulan dan kurang dari 12 bulan akan mendapatkan penghitungan proposional.

Sementara itu, Priyono menambahkan bahwa jika ada perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tersebut, dengan segera para pekerja diharapkan melapor ke posko pengaduan yang ada di Jakarta. Jika sudah melapor dan ternyata terbukti bersalah, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan sanksi administrasi hingga pencabutan izin.

Bagaimana, sudah mengerti? Bagi kamu yang sedang menanti-nanti THR, jangan lupa juga untuk beramal ya?

Silakan berkomentar.

sumber: beritajakarta

This post has already been read 2066 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter