Masih berbicara tentang kemacetan Jakarta, dan sebelumnya kita telah membahas tentang solusi yang diberikan oleh Pak Gubernur untuk mengurangi kemacetan. Kini, menyambut bulan Ramadhan, banyak orang kian mempertanyakan, “Kalau bulan puasa, macetnya jam berapa ya?” Oleh sebab itu, Jakarta Punya Cerita akan menjelaskan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Rikwanto menjelaskan bahwa kemacetan akan terjadi menjelang buka puasa. “Ada kemajuan sekitar satu jam untuk pola macet di Jakarta saat puasa,” katanya. Jadi, jika biasanya kemacetan terjadi setiap pukul 17.00, maka kemacetan di bulan puasa diperkirakan terjadi pukul 16.00.

Sedangkan pada pukul 18.00 yang biasanya jalanan dipenuhi oleh kendaraan kini justru lengang, dikarenakan masyarakat tengah berbuka puasa.

Menurut Kombes Polisi Rikwanto, ada tiga fase perubahan kemacetan saat bulan Ramadhan, yaitu pada minggu pertama jalanan akan dipadati oleh masyarakat yang hendak pulang awal demi berbuka puasa dengan keluarga. Lalu minggu kedua, jalanan akan dipadati masyarakat yang hendak buka puasa bersama di tempat-tempat makan. Sedangkan di minggu ketiga, akan terjadi kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan dikarenakan mendekati lebaran.

Pola kemacetan ini sama di setiap tahunnya, oleh karena itu pihaknya telah melakukan antisipasi-antisipasi untuk meredam kemacetan tersebut. “Kita sudah antisipasi dengan menerjukan petugas untuk mengurai kemacetan,”

Wah, petugas sudah diterjunkan ke titik-titik kemacetan. Nah, menurut ente, apakah petugas mampu meredam kemacetan? Silakan berpendapat.

sumber: beritajakarta

This post has already been read 871 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter