Masih ingat dengan Jakarta pada tahun 80an, dimana bus tingkat masih lalu-lalang di jalanan ibukota. Bagaimana degan sekarang? Tunggu sampai bulan Oktober mendatang, sebab Jokowi akan mendatangkan bus tingkat ke Jakarta.

Ya! Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akan membeli lima unit bus tingkat pada Oktober 2013 mendatang. Renacanya bus ini tidak akan dijadikan sebagai sarana transportasi umum, melainkan menjadi bus wisata.

Sewaktu beliau masih menjadi walikota Solo, bus tingkat ‘Werkudara’ menjadi objek wisata tersendiri bagi para pelancong. Belia juga mengaku bahwa bus tingkat tersebut diambilnya dari Magelang.

bus tingkat jakarta-werkudara-jakarta punya cerita
Mengingat keberhasilan Werkudara, Jokowi juga ingin membuat Jakarta sebagai tujuan wisata para pelancong. “Bus ini khusus wisata, nanti bulan Oktober kita punya lima buah. Bisa (ditempatkan) di Kota Tua, Ancol, Taman Mini, dan Lainnya,” ucap Jokowi.

Jakarta memiliki tagline “Enjoy Jakarta”, namun keadaan Jakarta kini belum bisa dinikmati. Oleh karena itu, Jokowi ingin tagline tersebut menjadi nyata. “Kota sebagai produk harus kita tentukan positioning-nya mau di mana? Brand yang mau kita bangun itu seperti apa? Cara promosi seperti apa? Seperti kita mau ke Paris, kita bayangin modenya. Nah, Jakarta ini ingin seperti apa?” ungkap Jokowi.

Di kesempatan lain, Wagub DKI Jakarta, Basuki Thahta Purnama (Ahok), juga mengungkapkan antusiasnya, “Akhir tahun sudah bisa dioperasionalkan lah. Rutenya mau dicoba dulu, misalnya dari Blok M ke Monas,” jelas Ahok.

Ahok pun menjelaskan secara rinci biaya yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI, yaitu sekitar Rp 10 miliar untuk pengadaan 5 unit bus tingkat ini, “Rp 2 M kalau tidak salah salah satu bus,” ungkapnya.

bus-tingkat-jakarta-jakarta-punya-cerita

Oh ya, kata Jokowi bus tingkat ini akan sama seperti yang ada di London, “Turis bus itu nanti, bus double decker. Nanti November,” katanya.

Wah, sepertinya Jakarta semakin maju saja. Bagaimana menurutmu?

sumber: kompas.com, okezone.com, tempo.co

This post has already been read 1340 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter