Berita mengejutkan datang dari meja pemilu 2014-2019. Jokowi sudah menyatakan untuk resmi menjadi calon Presiden dari PDI-P. Jika Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia, lantas siapa yang akan menggantikan beliau untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta?

Akan menjadi pro dan kontra di setiap lini masyarakat. Namun yang jelas, jika Jokowi memang resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu calon Presiden RI, maka wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok, otomatis naik tahta menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hal ini tidak dapat dielakkan lagi.

Namun, banyak hal yang tidak dapat diprediksi mungkin akan terjadi. Seperti contohnya, Jokowi gagal menjadi Presiden karena kalah dalam penghitungan suara, maka Jokowi akan kembali duduk di kursi Balai Kota. Atau, Jokowi akan kembali blusukan dan kembali menerjang banjir dengan celana panjang yang digulung berantakan.

Dengan kata lain, Jokowi tetap menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dan Ahok akan tetap menjadi Wakil Gubernur.

jokowi capres ahok gubernur
Mengingat masa “kontrak” Jokowi sebagai Gubernur adalah 5 tahun (2012-2017), lalu bagaimana cara Jokowi melakukan kampanye terkait pemilu capres 2014-2019? Tentu saja ada hukum yang mengatur hal tersebut.

Hukum mengatakan bahwa Jokowi berhak mengambil cuti selama kampanye. Namun, kita pun tidak tahu pasti, apakah Jokowi akan mengambil cuti atau langsung memutuskan untuk mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kita belum tahu pasti. Biarlah waktu yang menjawab.

Sementara itu, Ahok akan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Yang menjadi pertanyaan krusial adalah, apakah Ahok sanggup menjalani tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta? Tentu saja sanggup. Hal tersebut dibuktikan olehnya ketika menjabat sebagai Wagub.

Namun, cobalah untuk menoleh kebelakang tentang cara Ahok memimpin. Dengan sifatnya yang tegas, bicara sesuka hatinya, dan kerap kali membentak dan menggebrak meja rapat, apakah Ahok sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta? Bagaimana menurut Anda? Silakan beri komentar.

Simak juga mengapa Jokowi sukses menjadi gubernur DKI Jakarta?

This post has already been read 997 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter