Bisnis kuliner sekarang tidak perlu terpaku pada tempat atau sejenis ruko yang terkadang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Saat ini sedang trend konsep bisnis kuliner terbaru. Jika diperhatikan ini mirip dengan bisnis kuliner kaki lima.

Namun konsep ini dibuat dengan lebih modern dan tentu saja higienis. Yup, street food concept. Konsep bisnis kuliner dengan memanfaatkan sebuah mobil yang sudah di desain khusus untuk berjualan makanan. Di dalamnya tersedia dapur dan gerai untuk display makanan.

Sebenarnya sebelum street food ini muncul sudah pernah ada yang memulainya, yaitu moko atau mobil toko yang berkeliling menjual dagangannya ke tempat-tempat ramai seperti taman kota, bazaar dadakan, dan kantor.

Konsep street food ini layaknya dapur berjalan berbentuk mobil semi terbuka. Dengan tampilannya yang mencolok sangat menarik perhatian orang. Sudah setahun bisnis ini mulai jadi pembicaraan hangat. Yang terkenal adalah Loco Mama, yang menjual makanan khas Mexico mulai Desember 2013.

Bisnis model seperti ini cocok untuk kamu yang sedang mencari ide untuk membuka bisnis dengan modal kecil. Yah, walaupun artinya di sini kamu harus memiliki mobil ukuran SUV, tapi sebenarnya ini justru meringankan biaya menyewa bangunan yang biasanya mahal.

Apalagi jika kamu sendiri sudah memiliki mobil tersebut, sulap saja bagian dalamnya menjadi sebuah dapur komplit dengan gerai untuk mendisplay makanan yang hendak kamu jual. Konsep bisnis kuliner mobile seperti ini sangat mengasyikan karena kamu bisa berpindah tempat dalam sehari sekaligus.

Misalnya saja saat pagi hari kamu berjualan di depan sekolah, kemudian pindah ke perkantoran di siang hari dan malam harinya kamu pindah ke tempat nongkrongnya anak muda. Saat weekend kamu bisa memanfaatkan acara musik di lapangan terbuka atau arena olahraga seperti lapangan lari di Senayan yang ramai di Minggu pagi.

bisnis kuliner , street food , peluang , strategi , DBS Smart Money

Tentunya dengan cara seperti ini penjualan bisnis kuliner kamu akan terdongkrak karena kamu bukan menunggu konsumen datang tapi menjemputnya, istilah kerennya jemput bola deh. Yang lebih mengasyikan lagi kamu bisa memilih lokasi berjualan yang strategis, aman sekaligus free dengan fleksibel.

Sedikit tips dari saya jika kamu berminat menjalankan bisnis kuliner street food ini :

Menu yang dijual

Untuk menu pilih yang pembuatannya simple, hanya butuh waktu kurang dari 15 menit, sebagai contoh ice coffee blended atau misalnya burger dan kentang plus salad. Jika ingin menjual nasi uduk, atau makanan asli Indonesia lainnya, pastikan bumbu dan bahan lainnya sudah disiapkan sebelumnya sehingga kamu tinggal menyajikannya saja. Dan lakukan inovasi pada menu yang kamu jual. Buat orang penasaran akan rasa dan menu yang tersedia. Jangan jual menu yang sama di tempat yang berbeda.

Desain mobil yang unik

Yah, jika ingin menarik perhatian calon konsumen, buat desain mobil kamu semenarik dan seunik mungkin. Sesuaikan dengan konsep dasar bisnis kamu. Sediakan tempat duduk jika diperlukan tapi tak perlu banyak, namanya saja street food.

bisnis kuliner , street food , peluang ,  strategi , DBS Smart Money

Manfaatkan media sosial

Yah, salah satu strategi promosi untuk mensukseskan bisnis street food kamu. Manfaatkan terutama twitter. Beberapa dari street food di Jakarta memanfaatkan twitter untuk berkomunikasi dengan konsumen mereka, minimal memberitahukan tempat mereka berjualan. Ya tentu saja, karena tempat bisnis yang mobile, konsumen perlu tahu street food kamu akan berjualan di mana lagi.

Bagaimana, apakah tertarik dengan konsep bisnis kuliner street food ini? Peluang bisns kuliner yang sangat menarik kan?

Agar lebih asyik, kamu bisa membuat hal yang berbeda di setiap tempat yang kamu kunjungi, misalnya dengan mengenakan kostum untuk pelayan yang unik dan beda.

Atau adu cepat lomba memainkan game bisnis yang sedang popular saat ini, DBS Smart Money. Untuk skor tertinggi akan mendapatkan diskon atau voucher makan yang dapat ditukarkan di tempat berikutnya.  Asyik bukan?

This post has already been read 1455 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter