Meski dunia kuliner di tanah air semakin berkembang seiring perkembangan jaman, sehingga beberapa kuliner lama pun mulai tergeser keberadaannya. Hal ini yang menyebabkan kuliner lama semakin langka dan tak mudah dicari seperti dulu. Namun, demikian masih banyak penjaja kuliner tempo dulu yang masih saja eksis mempertahankan dagangannya. Bahkan di kota besar seperti Jakarta pun masih banyak juga penjaja kuliner Jakarta yang cukup legendaris dan tak banyak diketahui oleh banyak orang.

Memang tak semua jenis kuliner di Jakarta ini langka keberadaannya. Buktinya, pada saat Pekan Raya Jakarta atau sehari-hari saja masih banyak juga yang membuka bisnis kuliner seperti kerak telor, soto betawi, es selendang mayang, roti buaya dll. Namun, tak banyak yang mengetahui jika kuliner jakarta ini memiliki jenis makanan yang umum tapi lain dari yang lain, baik dari segi tampilan, rasa dan juga kemasannya. Dibawah ini, akan disuguhkan 3 kuliner legendaris Jakarta yang perlu anda ketahui:

kuliner jakarta

Roti Tan Ek Tjoan

Kuliner jakarta yang satu ini tidak banyak diketahui orang. Toko roti milik keturunan Tionghoa ini didirikan tahun 1921 dengan pendiri yang namanya sama dengan merek dagang yang digunakan, yakni Tan Ek Tjoan. Toko roti ini terletak di Cikini Raya 61 Jakarta Pusat tepatnya di Menteng. Jenis roti yang cukup digemari di toko ini adalah roti sobek tanpa isi, namun memiliki rasa manis.

Es Krim Baltic

Nama es krim ini di Jakarta sudah cukup melegenda, yakni es krim Baltic. Didirikan tahun 1939, nama Baltic ini diambil dari nama laut yang ada dikutub sebab sepanjang tahun selalu beku. Bahan yang digunakan membuat kuliner Jakarta ini susu segar dan tidak berpengawet sehingga teksturnya lembut dan tidak mudah lumer di lidah.

kuliner jakarta

Mie Ayam Gondangdia

Mie ayam memang bukan merupakan kuliner asli Indonesia, namun di Jakarta ada kuliner mie ayam gondangdia yang cukup melegenda. Kuliner Jakarta yang satu ini didirikan oleh Toe Wah Seng tahun 1968. Terletak di Jalan R. P. Soeroso 36, rumah makan mie ayam ini cukup ramai pengunjung yang tak hanya dari kalangan biasa namun juga pesohor negri seperti Ruhut Sitompul, Limbad, Alyssa Soebandono, Tantri Kotak dll.

This post has already been read 1124 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter