Sebentar lagi liburan akhir tahun dan semua orang mulai merencanakan liburan, khususnya warga Jakarta yang penat dengan aktivitas dan kepadatan kota. Biasanya mall-mall besar di Jakarta sedang berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran. Bagi pecinta shopping, tentu saja hal ini sangat dinanti-nantikan. Tapi bagi kamu yang suka travelling, juga jangan khawatir. Jakarta punya Kepulauan Seribu yang cocok untuk berlibur dengan hemat waktu dan hemat budget.

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Kepulauan Seribu bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepulauan yang berjumlah seribu. Jumlah pulaunya hanya sekitar 342 pulau dan sudah banyak yang menjadi tempat wisata baik untuk turis lokal maupun internasional.

Akses yang bisa dilewati adalah dari dermaga wisata Marina Ancol, Jakarta dengan menggunakan kapal speedboat atau dapat juga melalui pelabuhan Muara Kamal, Muara Baru, atau Muara Angke, Jakarta Utara. Sebelum merasakan keindahannya, ada baiknya mengenal beberapa pulau yang bisa jadi alternatif tujuan liburan akhir tahun lebih dekat.

Pulau Kahyangan

Pulau ini juga biasa dikenal dengan Pulau Cipir atau Pulau Kuipir. Di pulau ini terdapat sebuah benteng peninggalan sejarah yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC.

Pulau Bidadari

bidadari-mainimg

Pulau ini berdekatan dengan Pulau Kahyangan. Di Pulau ini terdapat sebuah benteng peninggalan Portugis yang terbuat pada abad ke 17. Sedangkan, pada zaman Belanda, digunakan sebagai pulau karantina.

Pulau Onrust

Onrust dalam bahasa Belanda berarti tidak tenang, atau rusuh. Pulau ini dinamakan Onrust karena dulunya pulau ini selalu terlihat sibuk dari siang hingga malam hari sebab ada saja pekerja yang beraktivitas. Awalnya pulau ini merupakan pelabuhan yang ramai, namun tahun berganti, pelabuhan Tanjung Priok menggantikan fungsinya. Pulau Onrust ini pun berubah  sebagai penjara dan pos karantina penderita sakit  lepra. Ketika  tahun 1939 terjadi perang antara Jerman dan Belanda, pulau ini digunakan Belanda sebagai tempat pembuangan tawanan.

Pulau Edam

Bisa disebut juga Pulau Monyet. Letaknya tidak jauh dari Tanjung Priok. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar setinggi 65 meter yang disebut Vast Licht.

Pulau Kelor

pulau kelor

Letaknya tidak jauh dari Pulau Onrust dan Pulau Bidadari. Di pulau ini terdapat galangan kapal dan benteng peninggalan Belanda yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17.

Itu baru sebagian kecil pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Selain mengisi liburan bersama keluarga, teman, kita juga bisa belajar banyak mengenai sejarah pulau tersebut. Happy Holiday!

This post has already been read 520 times!

Let's Share...Email this to someoneShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter